Kenapa Belum Nikah[?]


Dari judul nya aja, udah ngeriiii yaaaa..


Di blog kali ini saya akan Membahas hal-hal yang lagi sering di tanyakan oleh netijen usil dan orang-orang di saat usia kita udah menginjak semakin tidak muda lagi.


Saat ini saya sudah menginjak umur 28 Tahun, nunggu beberapa hari lagi saya akan 29 Tahun, nanti jangan lupa ucapin ulang tahun yaaa.. *maksa* hahaha


Which is Usia yang udah gak muda lagi buat seorang cowok, yaa saya tau kalau usia segitu sih harusnya sudah menikah, sudah punya anak bahkan kalau bisa anaknya sudah 2 mungkin.


But saya selalu percaya setiap orang punya Zona Waktu nya sendiri, saya pernah lihat semacam video pendek bahwa Tuhan itu punya Zona Waktu untuk daerah-daerah di dunia, sama halnya manusia yang punya zona waktu nya.


Ada yang menikah usia muda kemudian berpisah dengan meninggalkan anak yang harus hidup dengan keluarga divorce, ada yang menikah dan sukses menjadi CEO usia muda namun meninggal tidak sampai usia lebih dari 50 Tahun.


Ada yang masih menunggu untuk sekedar dapat panggilan kerja demi mencukupi keluarga nya, hingga bertahun-tahun. Ada juga yang sudah menikah bahagia namun belum punya momongan.


Ada yang menikah, punya momongan namun rejeki masih pas-pasan, namun ada juga yang semua nya bahagia, menikah usia pas, punya pasangan yang mengerti, keluarga besar yang support, ekonomi yang baik bahkan anak-anak yang punya prestasi hebat. Tapi di balik itu setiap orang punya masalah nya masing-masing.


Karena pada dasarnya setiap orang punya Zona Waktu nya masing-masing, jadi gak perlu meledek kenapa dia belum menikah? kenapa si ini belum punya momongan? Kenapa si ini udah nikah tapi akhirnya cerai kapan nikah lagi dan sebagainya??


Sebagian yang bertanya hal tersebut sih kalau zaman now rata-rata anak-anak milenials atau emak-emak yang jadi ibu rumah tangga dan kurang kerjaan yang harus di kerjaakan jadi ya ngurusin hidup orang tampaknya lebih menarik ketimbang menyelesaikan masalah rumah tangga nya sendiri.


Ya kalau anak-anak milenials yang masih sekolah atau paling gak kuliah mah, yahh rata-rata mereka masih mengalami fase yang on Track yaa, sekolah SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 Tahun, baru mulai kuliah tuh lulus sudah beda-beda. Kadang waktu sekolah pun sudah ada yang beda-beda sih kalau emang ada masalah di sekolah nya. Jadinya di benak mereka ya semua yang ada itu On track sekolah di bayari orang tua, lulus, kuliah, wisuda, cari kerja, punya pasangan, menikah, punya anak, urus anak, diet kemudian punya anak lagi teruss aja gitu sampe tua semua berjalan sesuai dengan track nya.


Wahhh kalau kaya gitu saya mau banget sih! sayangnya itu gak terjadi di hidup saya sih.


Now saya mau menanggapi pertanyaan netizen usil yang emang sengaja kadang tanya hal-hal seperti "Kenapa belum nikah?"



untuk mencari perhatian agar di bales tanpa pernah mikir the reason apakah pertanyaan itu jadi hal yang sensitif untuk sebagian orang atau gak. 


Awalnya saya berpikir semua kehidupan ini akan on track, alhamdulillah dari SD, SMP, SMA, Kuliah semua lulus on time tapi yaa masalah-masalah di dalamnya selalu ada, Even sampai saya dapat pekerjaan pun alhamdulillah banget after wisuda 3 hari kemudian sudah bekerja di TV nasional, dan sebelumnya saat kuliah sudah bekerja di  TV Lokal di Surabaya.


Wowww.. semua berjalan lancar, tapi ternyata nggak buat di sisi percintaan.


Beberapa diantara nya My Love Story sudah pernah saya share di blog saya ini, 

"Bertemu Masa Lalu" bahkan jadi Paling banyak Viewers dan koment nya pula. Luarr Binasa!! Saya gak nyangka.


Oke kembali lagi ke Love Story yang menjadi reason utama tentunya kenapa belum nikah awalnya, eh ternyata bukan love story yang menjadi main reason loh.


Semua orang punya rencana, have the best plan for their life, dalam apapun dalam pencapaian pekerjaan, pencapaian hidup bahkan sampai urusan percintaan dan pernikahan. Begitupun saya punya target, salah satunya tentu target menikah. Awalnya saya punya target menikah di usia 28 Tahun. *Lohhh sekarang kan 28 tahun kok belum nikah-nikah sih kak?? Kakak Jomblo yaa?!!* (Piranhaaaaa semacam ini sering menganggu)


Iya 28 Tahun, even dulu saya sempat punya pacar di usia 24 Tahun, Dan dia diatas saya 2 Tahun lebih, saya pun sudah pernah cerita ini juga di blog saya "Mungkin Bukan Aku"


Saat itu pacar saya yang notabene nya usia nya lebih dewasa dari saya sudah dikejar target untuk menikah, sedangkan saya di usia 24 Tahun masih menikmati masa muda.



Pengen menikah tapi gak saat itu juga sih, sampai akhirnya saya harus mengakhiri hubungan itu, dan 1 tahun kemudian dia menikah dan sekarang sudah punya anak, saya hadir loh di pernikahan nya SENDIRIAN. Eh sorry ke Caps Lock. Itu berasa uji nyali sih dateng ke nikahan mantan sendirian hahaha. but saya sangat turut bahagia sekali kok dengan dia dan keluarga nya, karena ya akhirnya keinginan dan doa nya di ijabah Tuhan, On Track sesuai dengan yang dia inginkan.


Saya gimana?? Ya saat itu saya masih sangat yakin usia 28 , Saya akan punya istri dan menikah.

Sampai di usia 26 tahun saat itu di tahun 2015, kemudian awal 2016 saya harus resign dari Trans TV. Ini juga di luar ekspektasi saya sih, tapi ternyata saya harus menjalani itu semua.


Saat Resign ini lah hubungan saya sama Almarhum Mama kurang baik. Saat resign dari Trans TV sebelum pindah ke RCTI, ada waktu 1 bulan saya abisin Cuti saya untuk refreshing saat itu ke Bandung dan Mudik ke Surabaya.


Ya Saat itu saya itungan nya belum bekerja karena belum 100% keterima di RCTi tapi sudah mengajukan resign dari Trans TV, tapi saya masih terima gaji kok bulan Februari 2016 itu. Jadi yaa untuk keuangan harusnya masih sangat aman.


Pas pulang ke Surabaya seperti tahun-tahun sebelumnya kalau pulang ke Surabaya jadi ajang untuk istirahat dulu dari segala aktifitas pasti lebih banyak tidur nya kalau udah di rumah karena jujur capek, Apalagi saat itu masih emotional karena masih gak nyangka saya harus cabut dari Trans TV.


Dan disitu nggak tau kenapa, saya rasa mama kurang setuju saya pergi dari Trans, cuman saya sudah menjelaskan panjang lebar alasan nya dan beliau paham. Beliau sih pengen nya saya masuk NET, tapiii... hmmmm... saya sepertinya belum siap untuk bekerja jauh lebih berat dari Trans TV dan saat itu net terhitung masih baru juga kan di Indonesia, jadi pastinya bekerja nya juga sangat luar biasa karena rata-rata senior dan teman-teman saya juga pindah dari Trans Ke sana.


Sampai suatu sore, saya waktu itu seharian tidur aja, dan sore itu mau berangkat main. Tetiba mama saya uring-uringan gak jelas, saya paling gak suka kalau udah uring-uringan tanpa alasan, saat itu mama tetiba marah-marah hebat ke saya hanya karena saya banyak istirahat nya selama di Surabaya. 


Disitu saya heran karena dari 2011 tiap saya pulang ke sby mama juga gak pernah uring-uringan kalau saya pulang tidur lebih banyak. Karena beliau pernah nginep kostan saya dan tau jam kerja saya yang sangat gila.


Disitu sampai akhirnya saya di marah-marahi berujung saya tetiba di usir dari Rumah!! Iya di usir untuk tidak tinggal di rumah hanya karena saya banyak tidur tapi gak bantu mama di rumah, dan saya di nilai sudah gak punya kerjaan, lah itu kan posisi nya saya masa transisi, dari Trans ke RCTI dan disitu saya juga masih terima gaji dari Trans kok untuk hidup dan msh kasih bulanan mama juga.


Saya gak paham sih kenapaaa tetiba saya di usir. Sampai akhirnya saya gak tau musti kemana, dan disitu saya sangat amat kecewa sama sikap mama sih. Saat - saat itu saya lagi pengen di support sama mama untuk bisa kuat pindah kantor yang ada saya di usir dari rumah.


Sampai pada akhirnya saya sempet ke tempat temen sih dan akhirnya saya beraniin diri buat pulang di hari-hari terakhir sebelum kembali ke Jakarta dan didiemin sama mama gak di ajak ngomong sama sekali.


sampai saya balik ke Jakarta dengan kondisi kecewa, selama ini salah saya apa, saya juga gak pernah nakal, saya juga terima aja kalau dari kecil sudah sering di pukuli mama pake berbagai alat sampai biru-biru kalau ke sekolah


Jadi pelampiasan beliau kalau stress di kantor pulang tiba-tiba saya lagi nonton TV bisa-bisa di marahin dengan alasan gak jelas kemudian di pukuli dan di bentur-benturin kepala ke ubin kamar mandi dan harus minta ampun.


Itu gak bisa lupa dari ingatan saya sih karena penyiksaan itu sudah berlangsung dari SD - SMP dan saya selalu diem karena saya diancam gak boleh cerita siapapun, sampai kalau ke sekolah badan atau muka saya biru-biru saya selalu alasan jatuh lah ketatap meja lah kalau temen-temen saya tanya.


Sampai akhirnya saya kuliah, saya pisah saya memilih kost saja meskipun kuliah di surabaya biar gak jadi beban buat mama. Sampai akhirnya saya kerja di Jakarta, dan Jakarta bener-bener jadi tempat saya menumbuhkan mental saya yang sempet rusak sih.


Karena dari dulu mama selalu selain fisik selalu menyerang dengan kata-kata yang tidak selayaknya di ucapkan oleh seorang ibu sih. Saya gak mau share di sini yang pasti itu sangat tidak layak lah.


Dan saat keadaan saya di Jakarta sudah mulai tenang, tetiba saya di usir di usia 26 Tahun dan di perlakukan seolah saya masih SMP dulu, saya jelas gak mau lah saya kesel banget.


Hubungan kami dari situ tidak terlalu baik, hingga akhirnya saya pulang ke Surabaya lagi saat mudik lebaran 2016.


Saat itu saya baru 4 bulan apa ya di RCTI, dapet THR juga gak Full dan hanya cukup buat beli tiket PP JKT-SBY dan disitu saya uda minta maaf sama mama sih untuk tahun 2016 belum bisa kasih THR.


selama ini THR saya full saya kasih buat beliau sama adek-adek setiap tahun nya. Cuma saat itu saya emang bener-bener masih anak baru dan belum dapet THR.


Saya udah feeling gak enak sih saat itu. jadi pertama kalinya saya pulang 2 hari sebelum lebaran, biasanya saya pulang selalu pas lebaran karena selalu pegang acara sahur, 2015 saya pulang after lebaran malah karena pas pulang ada bencana gunung di jatim meletus jadi semua penerbangan di tunda.


Saya pikir saya akan seneng merayakan puasa di rumah yang sangat sudah lama saya lewatkan bertahun-tahun yang saya ingat terakhir puasa bareng keluarga ya pas SMA.



Tapi H-1 Lebaran saat itu tetiba mama mukanya kesel nyambut ke pulangan saya.

Sampai saat itu pertama kali nya saya lihat mama kesakitan di perut nya teriak-teriak seharian.


Saya bingung harus gimana, akhirnya mama minta di bawa ke rumah saudara biar ada yang merawat, dan mama akhirnya pergi sama adek-adek ke rumah sodara. ya sebenernya sih rumah temen deket mama tapi sudah seperti saudara,


Mama melarang aku untuk ikut, dan menyuruh aku untuk stay di rumah saja.

Malam itu saya sahur dan buka puasa sendirian di Rumah, sampai saya sholat ied juga sendirian karena mama dan adek-adek saya saat itu ya tinggal di rumah temen nya mama.


Saya akhirnya saat lebaran mewakilkan mereka untuk berkeliling ke rumah saudara-saudara. setelah itu saya samperin mama ke Rumah temen nya dan minta maaf layaknya anak ke ibu.


Kemudian semua berjalan selayaknya biasa, mama masih kesakitan dan gak tau kenapa awalnya perkiraan itu adalah lambung. tapi belum tau juga pastinya apa.

Sampai saya dan beberapa saudara janjian lah makan di suatu restaurant untuk sekalian ngobrol-ngobrol, tetiba mama dan adek-adek ikutan dateng.


Saya sangat kaget karena saya tau mama saat itu lg sakit katanya kondisi nya uda enakan. kemudian saya makan sama mereka, mama tetiba entah kenapa menceritakan tentang salah satu saudara sampai nangis-nangis, intinya karena saudara itu yang dari dulu gak pernah kasih uang pas lebaran tiba-tiba di lebaran saat itu kasih uang mama.


kemudian mama melihat saya dan seolah memojokkan saya yang tahun ini belum bisa kasih uang THR gak kaya saudara yang katanya peduli beliau. Saya cuman terdiam, saya bilang ke mama untuk tenang jangan nangis karena ini restaurant mama tiba-tiba marah-marah lagi di hadapan saudara-saudara dan seisi restaurant itu sambil mencaci maki saya. Kemudian mama meminta saya pergi lagi dari rumah, atau mama yang pergi dari rumah.


Whatt????? saya di usir 2x astaghfirullah. Akhirnya mama tiba-tiba pulang sama adek-adek sambil mengeluarkan sumpah serapah ke saya. Saya kaya nya udah bingung lagi saat itu sama sikap mama. Saya sudah sholat minta ke Tuhan minta maaf kalau tahun ini rejeki saya belum mencukupi karena saya baru pindah kerja juga. Tapi mama kaya nya gak bisa terima.


Akhirnya selama lebaran di Surabaya mama sama sekali gak pulang ke rumah, sampai H-1 sebelum saya balik ke Jakarta mama pulang dan sama sekali gak ngajak ngobrol saya, saya sedih saat itu, sangat sedih apa saya cuman di nilai hanya materi saja, dulu saya di nilai gak punya kerjaan di usir padahal saya masih di gaji sama Trans dan kemudian bulan depan nya sudah bekerja di RCTI juga.


Pas Pulang saya tetep hormat saya salim saya peluk beliau saya minta maaf jika saya salah, dan disitu beliau kemudian kesakitan lagi. 


Saya sangat amat sedih dan menyayangkan sikap mama, saya sedih selama di Jakarta saya selalu menyelipkan ke doa saya semoga rejeki ini lancar biar mama bahagia, bahkan selama beberapa bulan saya gak di ajak ngobrol sama mama.


Dan sampai saya mendengar mama masuk rumah sakit sudah 10 hari, saya bilang saat itu pekerjaan sedang padat sekali, dan saya ijin untuk pulang saya nekad sih as anak baru dimana saat itu sedang mengerjakan program besar Ulang Tahun RCTI.


Saya pulang tapi saya trauma banget saat itu, saya takut di usir lagi, saya akhirnya memilih untuk tinggal di kostan temen dan menjenguk mama di rumah dengan tanpa bilang mama, saya takut emosi mama tiba-tiba masih marah sama saya. 


Saya gak mau bikin beliau marah tapi kaya nya kok api kebencian itu gak padam hanya karena materi, akhirnya mama minta saya tinggal di rumah aja saya jujur sangat trauma sih awalnya saya menolak, sampai akhirnya saya pulang ke rumah.

Saat Pamit kembali ke Jakarta








beberapa hari, disitu mama tampak sudah mulai kurus, penyakitnya masih belum di deteksi apa karena saat di CT scan semua kondisi di perut nya baik-baik saja tapi beliau sangat khawatir ada yang tidak beres di dirinya. Saya hanya bisa menenangkan mama sih saat itu, saya bilang mama coba kurangin emosi.
dan marah nya biar tidak memperkeruh sakitnya, eh beliau malah makin marah ... Fiyuuhhh... sabar vean.

Akhirnya saya balik besoknya, pagi-pagi baru mama yang bangun, kemudian mama anter saya sampek mobil, kemudian saya ajak mama foto selfie dan saya upload ke IG karena saya khawatir, saya bilang mama baik-baik di Surabaya yaa, semoga ini bukan penyakit yang serius, kemudian saya cium pipi sama pipinya, saya balik ke Jakarta.

Saat itu saya pegang program Rising Star , itu ajang pencarian bakat yang butuh waktu cukup lama sih untuk bekerja susah cari celah buat libur, berangsur kabar dari mama sering bilang lagi sakit, tapi mama suka menutupi jadinya selalu berusaha bilang mama baik-baik aja kok.


Sampai suatu ketika acara Rising Star berjalan hampir selesai, 2017 awal saya ingat pertama kalinya hati saya hancur leburr ketika mama bilang, ternyata sakit nya mama selama ini baru terdeteksi dan itu adalah "Cancer Pankreas" atau "Kanker Pankreas". Saat itu udah stadium 2 atau 3, tapi mama gak bilang itu udah stadium berapa.


Sampai acara Rising star belum selesai, saya dengar mama masuk rumah sakit karena harus ada pemotongan usus untuk rubah jalur pencernaan saya lupa istilah kesehatan nya apa, mama Operasi pemotongan usus agar tidak melewati pankreas dan pankreas tidak bekerja berat karena disitu sudah ada tumor ganas.


Nungguin Mama Operasi By Pass
Saya bergegas pulang, saya pulang ke Surabaya lagi-lagi gak bilang mama, tau-tau saya muncul di rumah sakit dan saat itu mama langsung seneng banget saya di ciumin, saya nginep di rumah sakit saat itu, mama tiap malam kesakitan dan saya gak tega lihat beliau bahkan saat itu saya sempet live IG sih tapi tanpa suara kalau saya sedang di RS, dan terima kasih sekali dukungan nya untuk saya dan mama saat itu.
 
Sampai saya merawat mama beberapa hari, dan saya harus balik kantor karena harus mengurus acara Rising Star itu, kemudian mama bilang saat itu ke saya


"Mas, Kamu jangan cepet-cepet nikah dulu ya, Temenin mama dulu sampai sembuh karena mama pengen ada di nikahan kamu nantinya" Disitu rasanya hati saya kaya di pukul palu, saya gak mau lihat mama sedih, saya meng iyakan permintaan mama.


Saya pulang dari rumah sakit saat itu dengan sangat berat. karena mama masih di RS dengan kondisi yang belum kunjung pulih.


Damn!!! saya nulis ini sambil nangisss, so sorry guys.


Terus di Jakarta saya kepikiran kondisi mama, setelah operasi itu harusnya beliau melakukan kemotherapy, namun kondisi beliau pasca operasi terus menurun jadi dokter gak berani ambil resiko untuk Kemotherapy karena efect kemo itu sangat sakit sekali.



Kondisi Mama yang semakin menurun
Akhirnya tiap di Jakarta saya telepon mama, mama seperti gak sakit cuma sering mengeluh sakit, kedua adik saya saat itu saksinya sih karena mereka ada di samping mama terus, sampai sering bolos untuk nemani mama kala itu.


Dan sampai suatu hari mama kirim Foto kondisinya sekarang, saya nangis sejadi-jadinya di kost. 


Karena mama sangat kurus badanya abis banget, mama dulu orang yang subur dan badan nya berisi banget. Saya gak tega lihat kondisi mama saat itu.


Sampai lebaran 2017, saya pulang ke Rumah, kali ini Allah kasih saya rejeki lebih alhamdulillah bisa kasih mama, tapi tampaknya mama gak butuh itu, saat itu lebaran pertama saya di minta mama untuk tidur di kamar bareng beliau dan adek-adek. disitu beliau sering bilang untuk kita harus akur-akur dan seolah pamitan.


Lebaran saat itu kondisi mama lagi enakan bisa jalan bahkan mama malah sempat datang ke reunian SMA nya dengan kondisi sakit. seakan pertanda.


Saya tidur di kamar mama seneng banget beberapa hari saya nemenin beliau, lihat beliau mengeluh kesakitan dan saya gak bisa berbuat apa-apa selain berdoa.


Pulang ke Jakarta, dan saat itu saya pegang program ulang tahun RCTI lagi, saat ulang Tahun RCTI mama kembali masuk Rumah sakit dan kondisi nya sangat menurun.


Saya sangat minta maaf ke mama karena bener-bener gak bisa pulang karena setelah HUT RCTI saya hanya di ksh jeda seminggu untuk audisi Indonesian idol.


Saya janji ke mama untuk nyempetin pulang nantinya kalau saya dapet audisi Surabaya. Ternyata saat itu saya kena Bus Audition dan Special City Audition yang itu audisi gak berhenti-berhenti selama audisi 1.5 bulan keliling Indonesia 13 Kota. Bukan audisi Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, medan, Jogja, dan Bandung. Otomatis saya bener-bener gak bisa pulang.


Disitu mama kecewa pas saya bilang saya gak dapet audisi Surabaya padahal saya uda begging-begging ke atasan untuk bisa dapet audisi Surabaya supaya bisa nyempetin jenguk mama, saya tetep akan kerja sampei jam 12 jam 1 malem saya juga jabanin asal saya lihat kondisi ibu saya, ternyata gak mempan tetep di gak dikasih dikira saya cuman alesan aja supaya bisa mudik ke sby.


Saya dapet kota malang saat itu dkt sama Sby tapi gak bisa pulang karena audisi terus belanjut ke beberapa kota dan itu jaraknya mepet. Saat di kota malang, saya mendengar kabar kalau Ibu dari Orang yang sedang dekat sama saya saat itu meninggal dunia.


Disitu saya langsung feeling gak enak banget.


Saya mendadak sedih, padahal sebelum saya ulang tahun saya tetiba di kamar nangiss sendiri sejadi-jadinya kaya udah feeling bakal di tinggal sama mama. terus pas di malang itu saya bilang ke produser saya, saya jelasin saya benernya pengen banget dapet kota audisi Surabaya biar bisa pulang tapi gak di kasih, Produser saya menyayangkan saat itu.


Saya bilang seandainya kalau ada apa-apa sama ibu saya, saya akan pulang ya bang, karena saya pengen ketemu ibu saya banget. Untung produser saya paham banget, karena tahun lalu saat audisi Rising Star, ibunya juga meninggal. jadi dia paham kondisi nya.



Saat itu semua berjalan masih baik sampai ke kota ke 4 di Cirebon dan kita mau pindah ke Sukabumi, mendadak hp bunyi ada telepon dari Mama. Saya langsung deg-deg an.
Foto diambil tahun 2015














Saya angkat dan mama tanya saya dimana Saya bilang di Cirebon, mau pindah ke Sukabumi.

Beliau bilang ini mau di bawa ke rumah sakit karena HB darah mama turun sampe tinggal 3 aja, mama minta uang transport, saya gak pake mikir saya bilang mama butuh berapa bilang aja saya transfer yaa.


Mama: Makasih ya mas uangnya, mama ini lagi di bawa ke Rumah sakit, kamu baik-baik ya, semoga lancar acaranya, Kalau kamu gak bisa pulang gak papa. Kita saling doa ya mas, doain mama supaya mama kuat.


Gak tau gimana muka saya saat itu, air mata kaya nya udah ketampung di mata saya.



Me : "iya maaa, mama kuat yaa, mama harus percaya Allah sayang sama mama, kabarin Arvi kalau ada apa-apa" (Saya kalau di rumah di panggil Arvi dari nama saya Arvian)


Tetiba mama saya bilang "Mas kamu gak mau ketemu mama sebentar aja gitu nak?? Mama Kangen"


Seketika saya lari ke produser saya, saya memaksa saya harus pulang hari itu juga saya gak mau tau, saya bilang mama, mama tunggu ya arvi pulang, mama tunggu arvi yaa.



Saya gak peduli sih dijinin atau gak saya akan tetap pulang saat itu, saya di ijinin untungnya, saya untung di cirebon ada kereta ke Surabaya langsung. Saya gak dapet eksekutif, mau ekonomi juga saya jabanin yang penting saya pulang saat itu.


Di perjalanan khawatir banget saya sama kondisi mama, nyampe surabaya subuh, saya pulang dulu ke rumah, di RS sudah ada yang jagain rencanaanya pagi bangun langsung ke RS.



Oh yaa, jadi selama mama sakit mama itu gak tinggal di rumah kontrakan yang biasa di tinggali, kalau rumah kami sudah di jual semenjak lama sekali karena saat itu mama percayakan surat rumah ke pakdhe atau kakaknya mama untuk jaminan bank untuk modal usaha pakdhe saya, yang saat itu usaha nya sedang berjalan.



Namun kemudian pakdhe jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia, anak-anaknya pun gak meneruskan usaha pakdhe saya itu, dan akhirnya karena gak bisa bayar di bank, rumah kami ke sita bank karena hutang pakdhe tersebut, saat itu mama juga bela-belain untuk ambil pensiun dini untuk bisa menutupi hutang pakdhe yang menggunakan surat rumah kami sebagai jaminan, tapi ternyata gak mencukupi.



Akhirnya rumah kami di ambil bank tanpa pernah kita hutang ke bank, sedih but life must go on right? selama 2007 - 2017 mama berpindah-pindah mengontrak satu rumah ke rumah lain, dan selama sakit mama dan adik-adik meninggalkan rumah dan tinggal ke rumah sahabat mama disana biar mama ada yang ngerawat.



Jadi Lebaran tahun 2017 lalu, saya pun tidur di rumah sahabat mama itu bukan di rumah kontrakan kami, dan Agustus tahun lalu kontrakan rumah abis, dan mama harus pindah barang-barang kami pun di jual untuk biaya pengobatan mama.
 

Bahkan beberapa biaya pengobatan mama juga di bantu oleh temen-temen SMA dan SMP mama yang patungan bantu mama biar sembuh



Kemudian mama dan adik-adik tinggal di sebuah kamar 1 petak dengan ada kamar mandi di dalam nya, deket rumah saudara sih, dan itu juga masih punya saudara, layaknya kost-kostan.



Jadi ketika saya pulang ke rumah dari Cirebon, Pertama kali nya saya tau Kost-kostan mama dan adik-adik,disitu hati saya kaya teriris melihat adik-adik saya dan mama harus tinggal di tempat seperti saya tinggal di jakarta hanya sebuah kamar satu petak. Lihat adik-adik saya tertidur lelap malam itu saya merasa Tuhan semoga kami bisa melewati semua nya.



Pagi-pagi saya bangun adik-adik saya satunya kuliah satunya sekolah, saya bangun mendadak di telepon tante saya yang merupakan adik dari mama, saat itu kondisinya panik, di minta untuk segera ke RS, karena mama sudah ada di ICU.


Saya panik sebenernya cuman harus berusaha tenang kalau gak nanti nyetir motornya bisa kacau dan malah kenapa-kenapa. 



Sampai lah saya di rumah sakit, mama sudah di ruang ICU, belum sampai depan ICU saya melihat  banyak saudara pada berkumpul di depan, Tante saya sedang menangis tersedu-sedu, saya bingung ini kenapa??


Saat saya sedang berjalan ke ruang ICU, saudara - saudara saya lihat saya, kemudian tante saya lari memeluk saya dengan menangis, saya gak ngerti kenapa, Tante cuman bilang mas ini cuma tindakan terakhir yang bisa kita lakukan. ini sudah final.


Mama sudah stadium 4 akhir. sel kankernya semakin ganas dan sudah menyebar ke hati nya.


Saya gak mau spekulasi apapun saat itu, yang ada tiba-tiba budhe saya saudara-saudara saya memeluk saya dengan erat sambil menangis. Iyaa saat itu saya tiba-tiba menangiss.



Kemudian mereka bilang mama sudah di pasang selang jadi semua makanan lewat selang ke usus nya, karena ususnya luka jadi terus mengeluarkan darah keluar.


Di ICU tentu nya kita gak bisa masuk sembarangan itu ruangan steril, kata mereka mama ada di tempat tidur paling pojok kok mas, nanti bentar lagi jam besuk tirai nya akan di buka.

Tirai dibuka baru bisa lihat mama

Tetiba gak lama, adik saya yang lagi kuliah pulang dari kampus karena di minta pulang, semua merasa hari itu hari terakhir mama saya. Adik saya yang masih sekolah pun diminta untuk pulang dan ke RS.


Jam 11.00 saya ingat tirai di buka, saya melihat sesosok wanita yang melahirkan saya susah payah di hari kemerdekaan, terbaring lemahh, dengan selang di hidungnya yang terus mengeluarkan darah, dan tubuhnya yang kurus kering.



Saya melihat beliau dari jendela, beliau masih sadar saat itu, beliau menoleh ke arah saya, saya berusaha sekuat tenaga menahan tangis, saya gak tega lihat kondisi beliau saat itu. beliau melambaikan tangan nya ke saya. saya berusaha senyum sambil bilang "Mama Kuat ya ma"


Kemudian selang 45 menit jam besuk pun selesai dan tirai di tutup. Rasanya saya seperti orang yang main petak umpet mengintip lewat sedikit celah dari kelambu biar tau kondisi mama.


Tante saya kebetulan bekerja di RS, tante minta tolong ke suster agar saya di ijinkan masuk melihat mama karena jauh-jauh datang dari jakarta. Dan akhirnya di perbolehkan.


Saat mau masuk semua mengingatkan "Mas Arvi kuat yaa, jangan nangis ya nak di depan mama" 



saya menguatkan diri untuk terlihat baik-baik saja, saya masuk dan berjalan ke kasur mama, mama lihat saya, mama senyum, iyaa senyum terakhir yang saya lihat dari mama untuk saya.


Kemudian saya salim, saya nunduk kepala saya di pegang, saya nangis sejadi-jadinya, Astaghfirullah saya gak menepati janjiku untuk gak nangis, saya minta maaf saya mohon ampun ke mama kalau saya selama ini mungkin ada hal-hal yang kurang ajar atau bertindak menyakiti hati beliau.


Me : Maaa, maafin arvi ya maa, Arvi minta ampunnn...
Mama: Mama juga minta maaf ya nak, mama selama ini banyak salah sama kamu nak, kamu udah jadi anak baik tapi mama yang salah

Me  : saya gak pernah marah sama mama, saya gak pernah minta Allah supaya mama kenapa-kenapa, saya sudah memaafkan semuanya, buktinya saya selalu masih baik buat mama, restu ku di hidup ini ada pada doa nya mama.

Mama  : Iya Nak, Mama seneng kamu udah berhasil di Jakarta.


Me  : Saya sedih, beberapa tahun lalu kita berencana pergi bareng ke Luar Negeri, Mama pengen kita jalan berdua, tapi ternyata kondisi mama sekarang gini.

Sembuh ya maaa kita jalan-jalan mama mau kemana saya temenin.
Mama : Iyaa nak, Dulu mama pengen minta maaf sekalian bisa punya waktu berdua sama kamu, Nanti kalau mama gak ada, adik-adik kamu, kamu ajak ke Luar negeri ya, senengin mereka.
Me  : Iyaa maa.


Saat kami bincang-bincang itu, saya lihat adik-adik saya lihat dari jendela luar dengan mengintip dikit di celah jendela dan beberapa saudara juga nangis lihat saya ngobrol sama mama.

Me : Mama sekarang mau apa?

Mama : Mama mau sembuh mas, mama cuman minta sama Allah, Ya Allah kasih saya umur beberapa tahun lagi aja, saya pengen lihat dan dampingi anakku nikah, saya pengen lihat anakku wisuda.


Seketika saya makin ngejerrr nangisnya.


Mama : Makasih udah nepatin janji untuk gak nikah dulu ya mas, sampai mama sembuh.

Me     : Iya maaa, Sembuh yaa biar bisa dampingi saya nikah nantinya.


Terus saya bilang, Maaa, gantian yaa, adek pengen masuk ketemu sama mama ya. itu ayu dateng. Ayu adek saya yang paling kecil saat itu dia masih kelas 3 SMP.


Mama : Emang ayu mau ketemu mama??

Me     : Ya Mau lah maa, kan ketemu mamanya.



Celah Tirai untuk mengintip
Saya salim kemudian saya keluar. Saat saya keluar pintu, 2 adekk ku cewek lari memeluk saya sambil nangisss sangat kejerr..

Seketika saya merasa sepertinya ini tanggung jawab yang harus saya pegang nantinya untuk mereka.


Semua keluarga yang lagi nunggu ikut nangis lihat kita berpelukan.


Kemudian adek saya satu persatu masuk dan ngobrol sama mama.


Setelah itu kondisi mama tenang, lebih baik. Semua keluarga akhirnya pulang, saat itu kita gantian jaga, kalau malam ada pakdhe dan budhe kakak mama nomer 2 yang nginep di RS, pagi sampai malam nya saya dan adik-adik yang jaga.


Hari-hari berikutnya kondisi mama semakin menurun dan sempat membaik sebentar, saya gak boleh lagi masuk ketemu mama sama suster, 2 hari cuman liat mama dari balik kaca saat jam besuk pagi dan sore di buka.


Sampai hari ke-3 saya jaga malam mau pulang ke rumah, saya denger mama teriak-teriak kesakitan, saya bingung saya gak pake mikir lagi saya ijin masuk ketemu mama, saya ada disamping mama saya pegang tangan nya.


Beliau kaget ada saya disampingnya, beliau nunjuk-nunjuk orang di sebelah kasur mama yang lagi sakaratul maut beliau ketakutan. saya senyum, gak papa mama tenang ya. saya ada disampingnya sebentar.


Saya baca surat yasin di samping beliau, beliau tenang banget perlahan-lahan tertidur, tapi saya lihat darah yang mengalir dari selang hidungnya kok kenceng banget, sampe saya pindah kesisi sebelah kiri mama dimana kantong darah itu ada, saya lihat darah mengalir cukup deras, saya lanjutkan baca surat yasin sampai selesai.


Setelah itu mama ngomong mulai terbatah-batah, bilang kamu pulang mas, iyaaa mama tenang yaa, sabar. Saya cium keningnya, saya pulang.


Besok pagi nya saya di suruh segera ke rumah sakit karena mama menurun lagi kondisinya, kemudian saudara cerita semalem mama setelah saya pulang masih teriak-teriak kesakitan, sampai pagi dan berusaha lepas selang oksigen di hidungnya, pagi ini tangan mama di ikat karena biar gak ngelepas selang oksigen nya, dan selang oksigen mulai hari ini di ganti oksigen yang lebih gede nutupin hidung dan mulutnya.


Hari itu mama gak boleh minum, saya sempet masuk sekali saya gak tega lihat mama yang kehausan, bibir nya kering dan sudah sama sekali gak bicara apapun sama saya.


Sampai akhirnya sore hari mama koma, saya gak berhenti-berhenti nangis i need shoulder i need someone to share.



Sampai sahabat saya Ocky dan suami nya dateng, Ocky salah satu sahabat saya yang tau tentang semua perjalanan hidup saya, disitu saya langsung cerita dan drop banget, dimana selama ini saya selalu berusaha terlihat kuat di depan adek-adek saya, saat malam itu mama Koma saya udah drop banget sih.


Setelah itu saya sama adek-adek masuk ke kamar ICU dan kasur mama di pindah ke sisi lain, dan disitu mama sama sekali gak bisa lihat kami karena sudah koma, kami bilang kami ikhlas, kami pengen mama seneng, tolong jangan berat sama kami.


Karena emang selama di rumah sakit mama itu sangat kepikiran sama 2 adik saya yang perempuan ini, susah buat di lepas, dan hanya adik saya rara yang selama di Rumah sakit sebelum koma mama masih ngobrol terus. ngobrol sama saya hanya di pertemuan pertama saya dateng ke rumah sakit tadi.


Malam itu adek-adek gak mau pulang ke rumah, dan memilih tidur di RS, dan kami semua tidur RS, RS mendadak penuh lagi keluarga besar datang, keluarga besar biasanya tiap lebaran aja gak bisa kumpul semua ada yang musuhan dan berantem, cuma karena mama saya semua jadi datang.


Semua sudah membicarakan kemungkinan terburuk nantinya jika meninggal mama di semayamkan dimana? dimakamkan dimana? mama sempet bilang kalau dia mau di makamkan di dekat orang tua nya atau kakek nenek saya, karena mau kumpul disana.


Sedangkan makam itu ada di surabaya pusat, tempat tinggal mama ada di Surabaya selatan, malam itu semua saudara tidak mau menampung mama untuk di semayamkan, kalau seandainya mama saya gak ada harus pulang ke rumah kostan dl sangat jauh, dan makamnya di surabaaya pusat, padahal kalau dari rumah sakit lbih deket ke makam.


di deket makam sebenarnya masih ada rumah pakdhe dan budhe kakak pertama mama, cuma mereka gak mau nerima jenzah mama, itu bikin saya dan adek2 saya sedih. 


alasan nya nanti rumahnya akan kotor siapa yang bersihin sedangkan mereka tinggal berdua. Padahal kan kami juga bisa membersihkan nya.


Malam itu dingin sekali kami tidur di teras rumah sakit beralaskan tikar, saat subuh, saya seperti ada yang membangunkan, kemudian saya terbangun sendiri dan menuju ke masjid rumah sakit untuk sholat.


Disitu saya berdoa "Tuhan jika memang kau mau ambil mama, tolong ambil dengan cara yang baik dan tidak sakit, jika kau ingin sembuhkan mama tolong sembuhkan total tanpa mama perlu sakit lagi, semua nya saya serahkan padamu Ya ALLAH"



kemudian saya berdiam di masjid baca surat yasin sampai matahari terbit.


setelah itu saya kembali ke kamar ICU, tampak adik-adik sudah bangun, kami di minta budhe untuk pulang untuk mandi dulu, baru kembali lagi ke sini lagi.


Saya dan adik-adik saya pulang ke kostan untuk mandi dan ganti baju. Kita pulang naik motor 2, saya membonceng ayu, Rara naik motor sendiri.



Saat mau berangkat, jari kaki saya robek kena besi kaki motor, gak sakit sama sekali hanya darahnya terus mengalir.


Selama di jalan, tumben ini jalanan sepi banget, biasanya pasti macet jam-jam kerja gini.



di jalan saya sempet gak konsen hingga hampir ada 1 mobil mau menabrak saya dan ayu.


Ayu sampai teriak sambil mencengkram pinggang saya. Fiyuhh hampir saja.


sampai di rumah, Rara belum sampai karena beli sarapan. Saya dan ayu sampai, kemudian saya meminta rara yang baru sampai untuk mandi dulu, dan juga ayu.


Saat rara mau mandi HP saya berdering telepon dari budhe.Saat saya angkat beliau nangis seesenggukan dan bilang kalau mama sudah tiada.


Allah sayang sama mama kata beliau, seketika rasanya Hati saya Hancur berkeping-keping. Adek-adek tanya kenapa mas? kenapa mas? saya berusaha kuat bilang mama sudah gak ada, kuat ya.


Adek-adek saya nangis kenceng dua-dua nya dan memeluk saya. Kemudian saya bilang ke adek-adek, inget kita udah janji kan kalau ini yang terbaik buat mama kita harus ikhlas. kemudian kita mandi gantian dan menuju rumah sakit.


Saya minta mereka untuk tenang sekalipun saya tau saat itu hati kami bertiga gak ada yang tenang.


Yaa mama pergi meninggalkan kami saat kami tidak berada disisi nya, kata orang2 beliau gak mau lihat anak2 nya sedih makanya sepertinya menunggu kita ber 3 pulang dan mama pergi.



Sampai rumah sakit, mama masih di tempat tidur ICU dengan ditutup kain layaknya yang  biasa saya lihat di TV jika ada orang meninggal, belum di kafanin.


Saya minta di buka kain nya sebentar, saya ciumm jidad mama dengan mata saya yang sembab ini, saya bilang "Maaa, you know i love you so much".
















Hari itu 19 September 2017, saya melihat mama saya terakhir kali.


Kemudian pihak rumah sakit memberikan rincian biaya, kebetulan mama selama di rawat pake BPJS jadi semua di cover hanya beberapa obat saja yang harus bayar saat itu.


Suster tanya jenazah akan di bawa kemana? saya bingung jawab apa? karena kita belum tau akan di bawa kemana, akhirnya saya memutuskan mama di mandikan dan disemayamkan di RS saja, karena saudara-saudara gak ada yang mau nerima, padahal mama saya jg gak sakit penyakit menular, rasanya sakit banget hati saya waktu itu.

Mereka tapi hanya memberikan tempat jika ada orang2 yang ingin melayat, setelah mama di makamkan selama 1 hari.


Setelah itu di kamar jenazah, teman-teman mama datang smua memeluk kami dan melihat jenazah mama. mama kemudian di sholatkan di masjid Rumah Sakit setelah shalat Dzuhur, dan saat itu entah kenapa shof masjid pria dan wanita penuh semua.


Senangnya saya banyak yang mengantar mama dan mendoakan mama saat itu. kemudian di dalem ambulance mengantar mama di peristirahatan terakhir. hingga tanah mengubur mama.dan batu nisan itu di tancapkan.


Iya memang saya punya target menikah di usia 28, tapi mama saya meminta khusus untuk menemani nya hingga sembuh, meski pada akhirnya Allah lebih sayang mama untuk di jaga di sana dan tidak merasakan sakit.


Dari situ saya sadar, saya ini manusia, saya punya planning, saya punya target, tapi saya sempat lupa ada yang Maha Segala yang pengatur terbaik setiap hidup manusia, pengatur Zona Waktu manusia.



Allah sekarang menitipkan 2 orang adik perempuan yang yatim piatu untuk jadi tanggung jawab saya.


Kalau di pikir berat, ya beratt saya gak pernah tau rasanya jadi orang tua, saya juga ga mgkn bisa gantiin posisi orang tua buat mereka. tapi saya mau jadi kakak multi talented yang paling gak bisa selalu ada buat mereka.


Saya bersyukur mama pergi tanpa meninggalkan hutang apapun, itu memperlancar kami untuk terus melanjutkan hidup. Saat ini Rara masih kuliah Semester 3, dan Hayu baru masuk SMA. gimana terus menjalani nya??? ya jalanin aja, ingat! Allah is the best planner.


Foto ber 3 Tahun 2013
Lebaran Pertama tanpa mama 2018


Pada akhirnya saya tau saya harus menunda dan mengesampingkan target saya untuk menikah, secara mental dan materi saat ini saya belum siap.



Saya masih harus menafkahi kebutuhan adik-adik saya, dan saya mau menafkahi mereka sampai lulus kuliah dan bisa kerja. Aamiin.


Pada akhirnya saat ini menikah bukan lagi jadi prioritas penting dalam hidup saya. Karena saya sedang menabung pahala untuk jadi orang tua sekaligus kakak untuk adek- adek saya.


If You Ask Me "Kapan Nikah?" Saya sendiri juga gak tau kapan, sampai saat ini juga belum dipertemukan jodohnya dan Allah sedang meminta saya jadi orang tua buat adik-adik saya.


"Apa gak pengen menikah?" Pengen tentunya, bahkan saya pun pengen hidupku normal kaya orang pada umumnya lulus kuliah, kerja, menikah punya anak, dan semuanya.



Sayangnya netijen bukan planner hidup saya, ada sang Maha Segala yang sudah menggariskan Zona Waktunya. Jika belum ya sudah jalani yang ada saja.


Hehehe panjang yaa penjelasan kali ini, Dan sangat emosional saya menulis nya.


"Gimana cara menjalani semua cobaan dan selalu kuat?"
Jawaban saya 1, Saya Punya Allah di hati saya, yang siap mendengarkan apapun tanpa perlu saya mengutarakan Allah tau, serahkan semua sama Allah.


Mungkin saat ini saya belum bisa jadi kakak yang sepenuhnya baik buat adik-adik saya. Karena kami LDR an juga mereka di Surabaya saya di Jakarta. 


"Gak ada keinginan untuk balik ke Surabaya?" Jawaban saya saat ini sih nggak ya, saya ingin adik-adik saya pindah di Jakarta jauh dari banyak hal energi negatif di Surabaya.


Surabaya biar jadi kota kenangan saya, kota saksi sejuta mimpi saya dan usaha saya untuk meraihnya, biar Surabaya jadi hal manis yang ingin terus dan terus saya datangi untuk pulang.


Saya selalu mengajarkan ke adek-adek saya untuk terus berbuat baik, karena kita gak pernah tau perbuatan baik mana yang akan dapat bermanfaat buat orang lain dan mulia di mata Allah. Karena hal baik akan di balas dengan baik pula sama Allah.


"Kok adik-adiknya gak diajak ke jakarta aja?"
Pengen nya suatu saat ke mereka tinggal disini aja, namun saat ini saya di Jakarta aja masih ngekost, adek-adek saya mau tinggal dimana? Toh mereka lagi kuliah dan sekolah kalau harus mindahin sekolah dan kuliah biaya lagi dan itu gak sedikit.


Saat ini saya menjalani kehidupan saya saja, dengan terus dekat sama Allah. Suatu saat jika Zona waktunya tiba, saya yakin itu waktu saya bertemu jodoh, rejeki saya lancar dan bisa menikah.


Saat ini cuman berharap Allah merestui niat baik saya buat nemenin adek2 saya terus dan bisa nyekolahin sampe sarjana semua, Aamiin semoga saya dan adek2 selalu di berikan kesehatan dan Juga kelancaran rejeki biar selalu bisa mewujudkan cita-cita yang belum tercapai. Aamiin 


 So saya berusaha menutup telinga dari kata-kata "Kok gak nikah-nikah sih nunggu apa?" "Mau kapan nikah? Lo tuh uda tua!" dan segala macam pertanyaan yang lebih cenderung mencemooh.


So Terima Kasih sudah menyempatkan waktu membaca kisah kali ini, semoga kalian paham alasan Saya "Kenapa belum Nikah[?]"






Komentar

  1. Damn. Aku ikut nangis. Life is not easy as easy you ever thought, it's rough and you should struggle till the end. Setiap orang punya cara sendiri buat menguatkan hati nya saat hati nya di patahkan berulang kali. Sampai sekarang 'cancer' seperti momok buat aku. 2,5 tahun ngeliat perjuangan ibu ngelawan cancer itu luar biasa. Efek kemo itu ah ga bisa di jelasin. Kata-kata penguatan seperti apapun sometimes ga ngefek apapun. Dua kali ibu operasi cancer dan di larang nemenin sama keluarga karena harus sekolah (waktu itu masih smp). Selalu bolos sekolah ketika ibu kemo. Ibu cuman bertahan 5 kali kemo beliau sudah ga kuat, minta di ikhlasin dan cuman minta akur sama adek-adek. Dimana adek masih kelas 3sd dan tk b. Dimana mereka masih sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian seorang ibu. Aku ngerasa aku beruntung karena 16 tahun aku masih ngerasain kasih sayang ibu. Keinginan semua anak di dampingi ortu saat wisuda, nikah, lahiran. Firasat ibu mau pergi berulang kali dateng terlebih ibu opname entah berapa bulan karena udah ga bisa nafas tanpa alat bantu. RS udah kek hotel buat keluarga ku. Bulan Mei banyak cerita, aku lahir, adek bontot lahir dan ibu pergi. Ga bakal terlupa. Dan sampe sekarang masih ga bisa klo harus ke RS tersebut. Cancer itu unpredictable. Udah operasi pun belum tentu cancer itu udah hilang. Suka baper ngeliat orang yang harus berjuang ngelawan cancer. Semoga sehat terus mas biar pas punya anak ga encok pas di ajak main sama anak. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih sudah membaca ya,, dan sudah berbagi pengalaman nya juga, semoga kita selalu di kuatkan apapun kondisinya. Aamiin

      Hapus
  2. Mas vean,, yang kuat,, harus kuat,, dhani percaya allah sayang sma mas vean dan adik2nya mas vean,, karena allah percaya sama mas vean akhrnya di titipin buat jagain adiknya,, sedih bgt,, dhani tau, dhani g ngelewatin apa yang mas vean lewati,, tapi dhani yakin mas vean kuat, bisa,, ttap semangat mas vean,, dhani yakin byk org2 baik di sekeliling mas vean,,


    Ditunggu cerita selanjutnya mas vean,,

    BalasHapus
  3. Sumpah nangiis waktu baca blog yg ini 😭 semangaat ka vean πŸ’ͺ Allah pasti udah nyiapin jalan yg paling baik buat ka vean sekeluarga, Sukaa banget blog2nya ka vean, banyak banget hikmahnyaa. Di tunggu lagii kaa next blognya. please don't be sad again ka vean, keep hamasah πŸ’ͺ

    BalasHapus
  4. Seberat itu proses perjalanannya MasyaAllah.. Semoga Allah selalu beri keberkahan dari setiap yang dijalankan.. Aamiin.

    BalasHapus
  5. Sumpah bang vean youre the strong man.. gak tau deh kalo w ada di posisi u.. apa yang akan w lakuin ..semoga u bahagaia terus bang.. semoga kita semua bahagia dan di beri kesehatan oleh Allah

    BalasHapus
  6. The best brother.. dan sumpah bikin aku nangis bnran bacanya... dan kaget sih dengan cerita kakak.. apa ya gak nyangka aja... aku pikir hidup aku yang istilahnya di kasi cobaan berat.. tapi aku salut sama kakak gila kak... sumpah amazing banget gtw lagi deh gimna komennya.. yang sabar kak.. Allah memberi cobaan kepada hambanya gak akan kok ngelewatin batas kemampuan hambanya.. akan ada pelangi d balik badai... dan jodoh itu sudah ada yang ngatur... so klw ada pertanyaan tentang nikah abaikan aja kak.. anggap aja itu sebagai doa untuk kakak agar segera di pertemukan jodohnya.. nikah kan bukan perkara tepat waktu kan.. nikah adalah perkara datang pada waktu yang tepat... semangat kak...

    BalasHapus
  7. Sukses terus mas.. Terimakasih sudah berbagi kisah.. Terimakasih selalu menginspirasi dan mengingatkan untuk selalu bersyukur dari setiap kisah yang tertulis di blog ini :)πŸ’™

    BalasHapus
  8. Ya Allah sampai nangis membacanya. ..
    Jadi kangen mama di kampung 😭😭😭

    BalasHapus
  9. Pas baca blog ini ikut nangis😭 ngena bgt, seperti pengalaman saya 6tahun yg lalu ketika mama dinyatakan terkena cancer payudara.. Tetap semangat mas vean, ditunggu blog2 selanjutnya..

    BalasHapus
  10. 23:01 baru kelar baca blognya sampe nangis banjir air mataaa 😭😭😭 bacanya sambil kebayang2 mama ku lg sakit juga dirumah tp anaknya kerja di kota lain πŸ’” .. Allah the best planner ve! Mana ada pria yg kuat dan berfikir panjang untuk 2 adeknya kalau ada di posisi lo.. semoga kalian sehat selalu dan dilimpahkam rizki yg halal dan barokah untuk kalian semuaa.. amiiiin ya allah

    BalasHapus
  11. 😭😭😭😭meweeeekkk bacaa nyaa

    BalasHapus
  12. sampe sebab mata ku baca nya kak,aku juga anak yatim piatu disurabaya tinggal dipanti asuhan,cerita hidup kak ve hampir sama kayak aku��semangat kak ve��

    BalasHapus
  13. Dari mata udh ngantuk bgt , eh pas bca ini ngantuk nya ilang yang ada mtanya keluar airmata sejadijadi nya😭😭😭 yg kuat ka ve😣

    BalasHapus
  14. Gak kerasa pas setiap baca kata demi kata yang ada di blog nya ka vean, eh malah air ujan turun dari mata, dada pun terasa sesak����.. ka vean hebat bisa se tegar sekarang ini ... mungkin kaka di luaran sana hanya mementingkan kebahagian diri sendiri tapi ka vean lebih mementingkan kenahagian keluarga kaka... k vean adalah salah satu contoh kaka yang sangat perfect .. semangat terus ka jangan dengerin omongan netijen yg agak jail

    BalasHapus
  15. Pas baca blog ini entah knapa air mata turun deras 😭

    BalasHapus
  16. Saat kamu nangis nulis ini dan aku nangis banget baca ini ve. Aku tau rasanya karena aku juga udah kehilangan ibu 2 tahun yg lalu. Ketika baca cerita kamu pikiran aku kembali kemasa 2 tahun lalu dirumah sakit saat jaga almh. Mamak aku.
    Stay strong buat kamu dan adik adik. Allah tau cobaan mana yang kuat buat dijalanin hamba2 Nya.
    Terkadang manusia hanya bisa menilai tanpa tau apa yg kita lalui. Keep fighting!!

    BalasHapus
  17. Intinya inspiratif bngttt .. dulu punya keinginan biar bisa jadi kaya ka vean . Tapi mikir ortu di smg kalau toh pingin ngejar karir di jkt ,apa engga kasian ortu sendirian . Alhasil cerita yg ka vean tulis panjang lebar ini bisa jadi pembelajaran bngtttt .... ga henti2nya nangis baca blog kaka . Sukses selalu kak vean ❤❤❤

    BalasHapus
  18. Subhanallah kisahmu gk sesuai ekspektasi ku selama ini ke kamu mas. Trimakasih yah sudah menginspirasi lewat tulisan perjalanan hidupmu dan menyadarkanku untuk selalu sabar dan tawakal karena kita punya Allah. Tetap semangat yah mas Ve. Allah yang menciptakan kita dan telah memberikan skenarionya juga, kita tinggal terima dan melaksanakannya. ������

    BalasHapus
  19. Aku cirembaii alias nangis aku mas vean baca nya.. mas vean sama adek2 nya yg kuat yaa! ada pelangi setelah hujan.. mas vean orang baik. orang baik pasti akan mendapat kan yg baik lagi.. apapun itu.. pasti mas vean bakalan dapet yg terbaik.. dari rizki, jodoh, semua2 nya mas vean.. Salut akutuh sama mas vean!!

    BalasHapus
  20. Samapi nangis aku bacanya... Aku setuju banget sama kak ve, bahwa setiap orang punya zona nya masing2. Aku juga merasakan hal yg pahit juga dalam kehidupan ini. Namun yang selalu membuatku kuat ada Allah yang ada di hatiku. Keep strong y kak ve, aku yakin Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatnya. Ditunggu cerita selanjutnya. ❤

    BalasHapus
  21. Sampe nangis bacanya kak, semangat sllu kak, pasti ada rencana Allah yg lebih indah dari yg kita bayangkan

    BalasHapus
  22. Ya Allah 😭 Aku ikutan sedih, nyesek, hampir nangis(mau nangis tp di sebelah ada ibu jd dikuatin buat ga nangis) semoga segala kebaikan ka vea untuk keluarga bisa dilancarkan oleh keluarga Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di lancarkan oleh Allah maksud saya. Maaf typo huhu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer